Sabtu, 26 November 2011

Tips Memasang Kaliper pada Rem Cakram Belakang

Saat ini rem belakang cakram pada sepeda motor sudah bukan milik moge lagi, namun sudah banyak diaplikasikan pada motor-motor harian. Contohnya Honda New Supra X, misalnya. Motor bebek ini sudah menggunakan rem cakram belakang dari pabriknya.







Nah, bagi pemilik motor-motor sport namun belum menggunakan rem belakang cakram, semisal Honda ,Yamaha Suzuki, dll, maka modifikasi rem belakang dengan menggunakan cakram banyak diminati. Disini timbul pertanyaan, lebih baik memasang kaliper cakram tersebut diatas, atau dibawah.ni ada beberapa kelebihan dan kekurangannya :







KALIPER DI BAWAH
Rem lebih pakem dan respon lebih spontan. Cocok untuk balapan.
Cocok diaplikasikan pada motor dual shock, karena tidak terlalu makan tempat.
Kaliper jadi mudah rompal, karena stabilizer kurang kuat.
Membutuhkan perawatan ekstra, karena sisa gesekan kampas cakram selalu jatuh ke dalam kolong kaliper.
Kaliper rawan berbenturan dengan tanah / ground. Karena posisinya di bawah.
Selang minyak rem jadi lebih panjang, karena letak kaliper di bawah.







KALIPER DI ATAS
Rem tidak seberapa respon, karena rem tidak se-spontan dibanding dengan kaliper di bawah. Cocok untuk motor harian.
Cocok diaplikasikan untuk motor mono shock, karena pemasangan kaliper lebih bebas.
Kaliper terpasang lebih kuat.
Tidak membutuhkan perawatan ekstra, karena sisa gesekan kampas cakram langsung jatuh ke tanah. Sehingga tidak mengotori kolong kaliper.
Kaliper aman dari benturan dengan tanah, karena posisi kaliper di atas.
Selang minyak rem jadi lebih pendek dibandingkan dengan kaliper di bawah.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan dalam pemasangan kaliper rem cakram belakang. Jika ada kurang lebihnya, mohon (SARAN DAN KRITIKNYA). . .


Salam TOSS ! ! !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar