Sabtu, 26 November 2011

TIPS MERAWAT BODY KROM PADA KUDA BESI ANDA





Bikin Kemilau Bodi dengan Krom KelirPernah dengar khan cat krom buat plastik ? Itu lho krom plastik yang biasa dipakai untuk piala, miniatur, mainan dll. Nah sekarang nggak hanya rangka besi yang bisa dibikin silau, plastik cover bodi motor juga bisa dibikin kemilau.

Ternyata tak gampang buat ngekrom bahan plastik atau PVC. Prosesnya jauh berbeda dengan proses krom besi. Karena itu tak semua perusahaan jasa krom bisa membuat cover bodi jadi kemilau.
Jika dalam proses krom besi dengan mencelupkan bahan ke larutan vernekel, krom plastik nggak jauh beda dengan proses pengecatan. "Paling penting plastik yang bakal dikrom harus bersih dari cat,"
Pencucian dilakukan menggunakan tiner yang tidak merusak bahan plastik. Setelah itu proses mendempul atau base coat dengan bahan cair, gunanya melapisi dan menutupi pori-pori media agar krom plastik agar rata.
Usai media jadi resik dan halus langsung masuk oven dan dipanasi selama 5-6 jam. Suhunya diatur 70 derajat agar krom lengket. Keluar mesin oven langsung dipindah ke ruang pendingin, didiamkan dengan suhu minimal 0-10 derajat sekitar 1 jam. Gunanya agar cairan krom lebih halus. Setelah itu bahan yang sudah kinclong ini langsung masuk mesin vakum. Di sini warna sudah terbentuk yang diawetkan dengan clear. Mau lebih awet, gunakan clear mahal.
Enaknya krom plastik, nggak cuma kemilau bak kaca, tapi bisa berkelar-kelir seperti ; emas, merah, hijau, dan biru. Yang Bisa dikromBahan yang bakal dikrom juga dibedakan jadi 5 jenis. Pertama jenis ABS, contohnya ; tutup aki, airscoop tiger, batok lampu, cover samping, sepatbor depan, fairing. Nah jenis plastik yang pertama ini paling awet dikrom plastik, karena selain permukaannya halus bahan plastiknya juga bagus. Dengan perawatan rutin krom ini sanggup bertahan 3 tahun.
Jenis lainnya yaitu bahan fiberglass yang biasa dipakai body kit, jenis HI, jenis aklirik, dan jenis PP (Poly Propelyn). "Biasanya bahan ini nggak dicat mulai dari pabriknya karena memang permukaannya susah dicat, misalnya filter, tengah cover, belakang batok lampu, sepatbor belakang new Shogun,
Nah yang terakhir ini keawetannya rentan sekali. Sekali tergesek plastik kromnya bakal cepat terkelupas.
PerawatanPerawatan krom plastik juga relatif gampang malah tak sesulit krom besi yang harus dielus setiap hari. "Seperti cat, nggak perlu digosok tiap hari. Asal kotor dimandiin dan dilap dengan Kanebo dan Kit agar mengkilap. Gitu aja sudah ok,"
Tipsnya supaya nggak gampang rusak; jangan sampai kena senggol dan tergores. Hati-hati saat parkir, kalau kena tangan jaim bisa gampang lecet dan rusak. Juga jangan sering disentuh tangan berkeringat, soalnya warnanya bisa berubah lho ?


Logam yang bisa dikrom antara lain besi, tembaga, kuningan serta diral. Jelas prosesnya beda antara bahan satu dengan lainnya. Khusus Diral harus melalui 7 proses. Yang jelas mesti dibersihkan dulu untuk menghilangkan cat atau kotoran minyak yang menempel "Untuk menghilangkan cat bisa menggunakan neorefer yang banyak dijual di toko karena sering dipakai tukang cat duco. Kemudia dipoles dengan alat amrik,"
Kalopun ingin menggunakan ampelas untuk membersihkan sisa cat atau minyak teesebut harus bertahap butuh waktu. Slamet memberikan tips, mengampelas memakai yang kasar dahulu kemudia halus, mulai dari 180 sampai 1000 angka ukuran tebal tipis ampelasnya.
Setelah bersih dari semua itu baru masuk ke proses pertama yaitu Degrasing. Degrasing ini semacam zat kimia untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel di diral atau almu. Terus digiring ke bagian proses Sochcleaner, bagian untuk mencuci logam dari bagian yang paling dalam sekalipun.
Ketiga proses Acidep berfungsi untuk menyedot unsur logam yang tidak bisa menempel dengan krom seperti seng, perunggu, timah. Ke empat proses Bondaldep, ini untuk melekatkan unsur almunya . Setelah 4 proses pertama dilalui baru 3 proses terakhir.
Pada 3 proses terakhir ini logam diral tersebut dimasukan pada bak yang diberi cairan unsur tembaga. Tembaga tersebut dibagi menjadi 2 bagian Coper Zeanit serta Coper Acid. "Proses tembaga merupakan hal terpenting untuk melihat kualitas krom,
Dari Tembaga baru proses Nikel. Sebuah bak beriskan cairan unsur Nikel .. Baru terakhir krom, proses ini mengunakan aliran listrik yang memanfaatkan kutub positif serta negatif untuk menghasilkan krom tersebut. 
Kalo yang tadi khusus diral dan almu, lain lagi dengan besi. Logam besi nggak perlu melalui 4 proses pertama, tapi langsung ke proses tembaga, nikel lalu krom. Tapi sebelumnya harus dibersihkan serta poles dulu seperti proses logam diral almu di atas.
Untuk proses tembaga memakan waktu 2 menit sebanyak 3 kali cuci. Proses nikel setengah jam, cuci juga 3 kali. Sedangkan proses kromnya cuma 5 detik doang. Itu dilakukan satu kali nggak perlu berkali-kali seperti anggapan orang awam. Waktu tersebut sama untuk krom biasa atau hard krom mulai dari logam besi atau diral almu.
Hard Krom Mengenai Hard krom, prosesnya sama seperti krom pada logam besi. "Cuma bahan kimianya aja yang harus ditambah. Nah ini rahasia pabrik," menolak membeber tambahan bahan kimia yang dipakainya.
Kualitas hard krom jelas di atas krom biasa. Sebab meski sampai dibubut sekalipun kagak mempan, bahkan pisau bubut bisa patah. Baru bisa terkelupas kalo digerinda.

PROSES KINCLONGISASI krom dibagi menjadi dua :
krom biasa dan hard krom. Yang kali pertama jelas kudu ngerti dulu bahan logamnya sebelum melakukan krom. "Ini menentukan apakah krom tersebut bisa melekat apa tidak .,

Merawat Lapisan Krom




MotoBike - Banyak deh part motor yang berlapiskan krom, sebut saja dari knalpot, gagang spion sampai rak barang. Kesan yang timbul, motor terlihat lebih mewah dan elegan. Makanya perlu perawatan khusus nih supaya lapisan krom tetap terlihat kinclong tanpa khawatir bikin pudar.

Memang, di pasaran onderdil banyak yang menjual obat poles khusus krom. Tapi kalau mau cara mudah bin gampang, ada trik nih biar enggak perlu belanja ke toko spare-part, tapi bisa cari di pasar tradisional, atau apotek. Hanya butuh perlakuan halus kok untuk merawat krom. Enggak boleh kasar pokoknya.

Jangan heran dulu sob. "Krom bisa dirawat dengan tepung kanji atau bedak khusus bayi (gbr.1)," jelas Eri Sumarsono, juragan bengkel spesialis Clink Chrome di Jl. Raya Peninggilan Utara (H. Mencong) No.25, Tangerang. Mau tahu caranya? Langsung intip nih.



"Pertama bersihkan dulu barang yang sudah berlapis krom dengan sabun cuci piring (gbr.2), dan gunakan air mengalir, bukan air bertekanan tinggi," sambung Eri. Intinya, sabun cuci piring diyakini punya kemampuan lebih untuk mengangkat kandungan lemak ataupun oli yang tertinggal. Pun begitu penggunaan air bertekanan yang bisa membuat lapisan krom terkelupas.

Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba gunakan tepung kanji (gbr.3). "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan enggak ada partikel yang bisa merusak lapisan krom,"


Maksudnya, biar tak kasatmata terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan membuat lapisan krom pudar. Indikasinya, lama kelamaan krom akan terlihat kuning, dan efek paling parah, lapisan krom akan hilang.

Beda dengan obat poles yang bukan diperuntukkan krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti pasir, walau halus. Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah. Tinggal poles saja beberapa bagian misal knalpot atau gagang spion (gbr.4).



Jangan ketinggalan bagian tekukan, soalnya pada bagian ini lapisan krom paling tipis. Jadi, mesti ekstra hati-hati. Oh ya, jangan lupa menggunakan kain lap halus ketika memoles krom ya.



SALAM TOSS ! ! !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar